Melatih berbicara di depan umum


Berani bicara di depan umum menghasilkan banyak manfaat antara lain kita mampu menambah wibawa ,kita tidak sungkan terhadap orang lain,kita dapat mempengaruhi agar pemikiran mereka sejalan dengan kita,kita bisa menambah penghasilan sebagi pembawa acara,tentunya menambah wawasan karna kita secara tidak langsung sering bertanya ke pada orang lain juga berikut tips cara melatih berbicara di depan umum:

  • Biasakan berbicara Sejak dini :
jika anda orang tua maka latilah anak anda untuk berbicara dan usahakan agar anak tidak malu terhadap orang lain berilah hadiah bila si kecil berani melakukan sesuati yang baru misalnya ketika anda menanyakan sesuatu bawalah hal hal yang rinangan beri dia biscuit sambil bertanya kalok tidak belilah secangir teh sariwangi di situlah anak akan meras jauh lenih dekat bersama anda dan tanamkan nilai kebaikan seperti kejujuran berani berbicara meskipun anak yang salah berilah bengertian pada anak jangan takut selama dia benar.
  • Biasakan berbicara di depan orang banyak
Banyak orang berusaha menghindar ketika diminta berbicara di depan orang banyak dengan berbagai alasan. Padahal, jika dibiasakan maka berbagai alasan menghindar itu bisa teratasi.awalnya di sekolah kita di ajarkan untuk berpresentasi di awali dengen berpresentasi dengan kelompok dari banyak anak misalkan ketika sekolah biasanya anggota kelompok mencapai 6 orang bahkan sampai beberapa yang melebihi batas hingga ketiak kuliah kelompok di peruncing hingga presentasi secara individu itu berguna sebagai wadah untuk melatih diri untuk berani berbicara di depan
  • Banyak berdiskusi dengan orang lain
Berkumpul dengan teman-teman dan mendiskusikan topik tertentu bisa juga membantu mengasah kemampuan bicara kita. Asalkan kita mau ikut aktif dalam diskusi dan tidak jadi hanya menjadi pendengar saja karna berdiskusi untuk saling mengerti jika menjadi pendengar saja maka alurnya akan menjadi satu saja tidak ada timbal balik di dalamnya.
  • Aktif di organisasi
Sejak SMP saya sudah aktif di organisasi, misalnya mulai menjadi dari ketua OSIS, ketua Pramuka, bahkan ketua kelas. Selain jadi terkenal karena jabatan kita, salah satu manfaatnya adalah melatih keterampilan bicara.Sebagai seorang ketua, mau tidak mau harus bisa bicara di depan. Mulai dari terbata-bata, banyak melihat ke plafon hingga akhirnya jadi biasa-biasa saja dan tertata dengan baik karna semuanya mempunyai landasan yang membutuhkan proses waktu dalam berkembang.
  • Pergaullan
Tinggal di kos-kosan mahasiswa juga membawa andil dalam kemampuan berbicara.banyak di dalamnya teman sebaya kita paling tidak umur tidak terpaut jauh jadi pemikiran nya masih sama menjadikan diskusi yang sama , Karena setiap saat ada saja topik yang bisa dibicarakan dan tentu lawan bicara tersedia sangat banyak dan di situlah siapa yang memegang argumen ialah yang menang . Yang penting adalah mau bergaul dengan yang lain. Siapa saja.agi yang tidak tinggal di kos-kosan, wadah bergaul tentu banyak yang lain. Anda bisa menemukan komunitas untuk bergaul, misal komunitas olahraga, hobi, dll.Jika Anda sudah punya komunitas, usahakan jangan pasif. Aktiflah berdiskusi atau sekadar basa-basi untuk melatih keterampilan berbicara Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

experience bali indonesia

Bumbu Rendang Praktis Yang Alami Dan Murah Di Lemonlilo.com